Liburan ke Gili Trawangan (tanpa ikut tur/paket)

Liburan ke Gili Trawangan (tanpa ikut tur/paket)


Gili Trawangan adalah yang terbesar dari ketiga pulau kecil atau gili yang terdapat di sebelah barat laut Lombok, dua lainnya adalah Gili Air dan Gili Meno. Di antara ketiga gili tersebut, Trawangan lebih bernuansa “party” karena banyaknya party sepanjang malam yang dirotasi oleh beberapa club dan bar setempat, Trawangan juga memiliki fasilitas paling beragam untuk wisatawan. Aktivitas yang populer dilakukan antara lain scuba diving (dengan sertifikasi PADI), snorkeling (di pantai sebelah timur laut), bermain kayak, berselancar, bersepeda, dan berkuda di pantai atau mengelilingi pulau.

Kamu tidak akan menemukan kendaraan bermotor di Gili Trawangan karena tidak diizinkan oleh masyarakat setempat. Sarana transportasi yang ada adalah sepeda (disewakan untuk para wisatawan) dan cidomo (kereta kuda sederhana sejenis delman/andong). Untuk bepergian ke dan dari ketiga gili itu, penduduk biasanya menggunakan kapal bermotor dan speed boat.

Total lama perjalanan dari Jakarta memakan waktu kurang lebih 3-4 jam, ini bervariasi tergantung dari mana kamu berangkat. Liburan ke Gili Trawangan meskipun sekilas tampak jauh dan lama tapi sebenarnya mudah dan seru kok, ngga percaya? Coba simak step-by-step caranya di post ini.

1. Terbang menuju Bandara Mataram, Lombok

Maskapai penerbangan yang langsung menuju Bandara Mataram Lombok adalah: Garuda, Citilink, Merpati, dan Lion. Range harga berkisar di 1jt ke atas, kalo mau sedikit repot dan mengambil flight yang transfer dulu di Bali biasanya bisa dibawah 1jt, tentunya tergantung tanggal dan bulan. Kalo kamu berangkat dari Jakarta, lama penerbangan kurang-lebih 1,5-2 jam.

Kamu bisa cek harga penerbangan ke Lombok dengan mudah lewat Wego.

2. Perjalanan Bandara Mataram, Lombok —> Pelabuhan Bangsal, Senggigi (+/- 2 jam)

Kamu harus ke Pelabuhan Bangsal terlebih dahulu untuk menyeberang ke Gili Trawangan. Nah, cara menuju kesana ada 2:

Cara 1 – Dengan Taksi:

Taxi bisa didapatkan di beberapa stand taxi sebelum keluar dari bandara Mataram ataupun tepat diluar bandara. Harga taxi dari stand berkisar 200-350rb, jangan ragu untuk bertanya ke beberapa stand taxi untuk membandingkan harga. Harga taxi diluar bandara bisa lebih murah. Pilih taxi yang masih dalam kondisi bagus supaya perjalananmu nyaman.

Cara 2 – Dengan Bis Damri AC:

Bis Damri memiliki 2 rute: langsung ke Senggigi atau hanya sampai di terminal Mandalika, Mataram. Bis Damri ini dapat ditemukan di sisi kanan luar bandara.

Untuk tujuan Mataram (turun di Terminal Mandalika) tarif bis-nya sebesar Rp.15.000/orang, sesampainya di Terminal Mandalika kamu dapat melanjutkan perjalanan dengan bis lain atau taksi.

Untuk tujuan Senggigi (turun di Pasar Seni), tarif bis-nya sebesar Rp 25.000/orang, bis akan berangkat setiap satu atau dua jam sekali.

3. Menyeberang dari Pelabuhan Bangsal, Senggigi —> Gili Trawangan, dengan kapal bermotor (45 menit)

Sebelum memasuki daerah Pelabuhan Bangsal ada satu area semacam lapangan parkir lengkap dengan petugas penjaga dimana semua kendaraan dari luar harus berhenti dan ditinggalkan disini dan semua orang harus melanjutkan ke pelabuhan dengan naik Cidomo. Kalo kamu naik taksi, coba nego dengan supirnya apakah dia mau mengantar langsung sampai ke dalam pelabuhan, kemungkinan dia akan menjawab agar memberikan bayaran ke Petugas penjaganya, ini sekitar Rp 25.000.

Pelabuhan Bangsal ini biasa digunakan oleh warga setempat maupun turis jadi selalu riuh ramai. Karcis perahu bisa dibeli di loket, ada kapal bermotor dan speed boat, kalo tidak terburu-buru ambil kapal bermotor saja harganya hanya Rp 13.000/orang, tapi kalo loketnya lagi rame harus sabar ngantri.

Karcis perahu bermotor ini tersedia dalam beberapa warna untuk menandai kapal mana yang akan kamu naiki. Setelah mendapat karcis, tunggu di pinggir pelabuhan di dekat kapal-kapal yang tertambat, perhatikan orang-orang petugas kapal (mas-mas/bapak-bapak aja sih sebenernya..) yang memanggil warna dan nomor karcis, kalo kamu tidak yakin jangan segan untuk segera menanyakan ke orangnya langsung supaya tidak kelewatan.

4. Rencanakan sendiri liburanmu di Gili Trawangan

Tadaaa! Welcome to Gili T! :D Sesampainya di pelabuhan kamu akan disambut dengan pengunjung yang ramai dan tepat di belakang pelabuhan sudah langsung jalanan setapak berpasir dan area komersil yang berderet mulai dari cafe/restoran, spa massage dan fish spa, tempat belajar diving, tempat memesan paket snorkeling, ATM, beach lounge, bar, club, penjual eskrim, tempat sewa sepeda, dan cidomo berseliweran. Asiknya disini, kamu bisa clubbing pake sandal jepit! :D uyeah! http://turislokal.info/post/70087853376/gili-trawangan-clubbing-pake-sendal
Recommended: Begitu tiba di Gili Trawangan dan sebelum check-in ke hotel, grab a lunch or refreshing drinks di salah satu cafe, nikmati suasana sekitar sambil rencanakan aktivitasmu selama disana. Bingung? Kurang yakin? Jangan malu untuk bertanya pada orang-orang lokal karena mereka cukup ramah dan informatif.

5. Checkout hotel dan menuju ke pelabuhan

Udah puas liburannya? Sekarang waktunya pulang. Kalo hotel kamu jauh dari pelabuhan dan perlu naik cidomo, usahakan checkout hotel sepagi mungkin, sebelum jam 9 pagi paling ideal (atau konsultasikan dengan hotel tempatmu menginap supaya disesuaikan dengan jadwal pesawatmu), minta resepsionis hotel memesankan cidomo sehari sebelumnya. Setelah jam 9 pagi kebanyakan tamu-tamu hotel lain akan checkout berbarengan akibatnya cidomo akan sulit dicari (30-45 menit menunggu). Kalau hotel kamu cukup dekat / kira-kira masih bisa dijangkau jalan kaki lebih baik langsung jalan kaki aja, kamu malah akan lebih cepat sampai. Jangan lupa memperhitungkan waktu tunggu kapal di pelabuhan baik kamu naik kapal bermotor maupun speed boat, karena pagi hari akan sangat ramai pengunjung yang mau kembali ke Lombok.

6. Menuju Pelabuhan Senggigi dan ke Bandara Mataram, Lombok

Hotel-hotel berbintang biasanya menyediakan paket lengkap mengantar dari hotel sampai bandara. Detailnya:
  1. Dari hotel ke pelabuhan dengan cidomo (orang lokal menyebut pelabuhan speed boat dengan ‘jeti’).
  2. Menyeberang ke Teluk Kodek di Senggigi (khusus speed boat).
  3. Dijemput di Teluk Kodek dan diantar dengan mobil pribadi sampai bandara.
  4. Harga paketnya bisa bervariasi +/- 400.000/orang.
Dengan paket ini kamu akan menyeberang dengan speed boat yang cuma 15 menit, tapi kalau sedang peak-checkout-hour bisa jadi kamu harus menunggu sampai 1 jam hanya untuk mendapatkan speed boat yang available karena jumlah speed boat tidak terlalu banyak.
Menyeberang ke Senggigi dengan kapal bermotor yang sama seperti saat berangkat juga bisa kok, tinggal pergi ke loket dan membeli karcis lagi. Tapi ingat, selama jam-jam checkout (jam 9-12) yang ngantri perahu bermotor ini jauh lebih banyak, jadi siap-siap untuk ngantri lumayan lama. Atur waktumu sebaik mungkin supaya tidak ketinggalan pesawat pulang.

+ There are no comments

Add yours