Mendaki Gunung Rinjani

Mendaki Gunung Rinjani


Gunung Rinjani. Gunung yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat ini merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 m dpl. Dari puncak Rinjani, para pendaki bisa melihat pemandangan Pulau Lombok bagian utara.

Di sebelah barat kerucut Rinjani terdapat kaldera dengan danau terkenal berbentuk bulan sabit seluas kurang lebih 11 juta m persegi, Segara Anak. Lokasi danau ini bisa ditempuh dari dua jalur resmi pendakian yaitu jalur pendakian Senaru dan jalur pendakian Sembalun. Jalur Sembalun biasanya digunakan oleh para pendaki untuk mendaki dan Jalur Senaru untuk turun.

image

Saya berkesempatan mendaki Rinjani beberapa tahun yang lalu. Perjalanan dimulai dengan jalur yang cukup landai hingga Pos 3 (Padabalong), setelah Pos 3 jalur akan mulai berbukit dengan kemiringan sekitar 50-70 derajat. Pohon pinus akan mulai mendominasi pandangan di sepanjang jalur menuju Plawangan Sembalun ini. Sesampainya di Plawangan Sembalun, biasanya para pendaki akan mulai mendirikan tenda untuk bermalam sambil menunggu jam 2 pagi (waktu yang tepat untuk naik ke puncak atau biasa disebut “Summit Attack” agar mendapat pemandangan matahari terbit). Di basecamp ini pula biasanya para pendaki mengganti carrier dengan backpack yang berukuran lebih kecil untuk meringankan beban. Jaket, raincoat, kamera, air minum dan cokelat adalah bawaan wajib sebagai bekal menaklukan puncak.

image

Jalur menuju puncak akan didominasi oleh bukit-bukit berpasir dengan tanjakan panjang. Satu-satunya penghibur mungkin pemandangan Segara Anakan di sebelah kanan dan pemandangan Desa Sembalun di sebelah kiri jalur pendakian.

Sesampainya di puncak, jangan terlena dan berlama-lama di atas karena Rinjani masih aktif mengeluarkan gas. Foto-foto dan hayati indahnya negeri di atas awan beberapa saat lalu turun lagi ke bawah.

image image

Saat turun, mampirlah ke Danau Segara Anakan lalu turun melalui Jalur Senaru karena jalurnya lebih landai dan pemandangannya lebih indah dibandingkan Jalur Sembalun, cocok untuk foto-foto sebelum pulang.

image image

1. Jalur Sembalun (Puncak dapat ditempuh dalam waktu 11 – 12 jam)

Pos I – Pos II Tengengean – Pos III Padabalong – Plawangan Sembalun – Puncak Rinjani

2. Jalur Senaru (Puncak dapat ditempuh dalam waktu 7 – 8 jam berjalan kaki):

Pos RTC – Pos I – Pos Antara Bonjeruk – Pos II Montong Satas (biasanya dimanfaatkan untuk mengisi air perbekalan) – Pos III Mondokan Malokaq – Pos Cemara Lima – Segara Anak – Plawangan Sembalun – Puncak Rinjani.

image
image Kontributor tamu Turis Lokal bulan ini adalah Josephine Brightnessa (Jojo) @jbrightnessa Ikuti cerita-cerita seru Jojo lainnya dengan follow Twitternya di: @jbrightnessa dan blognya hungrydinosaur.net

+ There are no comments

Add yours