Berburu Matahari Terbenam

Berburu Matahari Terbenam


Sebagai seorang pria, terkadang saya merasa sangat melow ketika sadar bahwa saya sangat menyukai matahari terbenam dan matahari terbit. Ya stigma masyarakat selama ini menciptakan pandangan bahwa pria identik dengan hal yang kaku dan biasa saja. Tapi ‘kegilaan’ saya terhadap fenomena alam ini sudah berada di level waspada. Menurut saya, sunset dan sunrise merupakan kreasi Tuhan yang paling indah.

20140328_180817

Beberapa teman kuliah menyebut saya adalah sunset hunter. Karena tiap saya traveling pastilah foto sunset terbaru yang saya rilis di tumblr atau instagram. Mungkin Pulau Bali paling banyak menciptakan sunset cantik yang pernah saya tahu, tapi saya tidak cepat puas. Beberapa waktu lalu saya mencuri beberapa hari libur untuk singgah di Pulau Lombok. Sebelumnya saya pernah satu kali ke pulau yang mayoritas menganut agama Islam ini, tapi hanya selama 3 hari 2 malam dan pada saat itu belum mengetahui secara pasti keadaan Pulau Lombok.

Kali ini, saya berangkat ke Pulau Lombok dengan persiapan dan perlengkapan yang cukup matang. Tujuan utamanya adalah untuk berlibur, tapi misi lain saya adalah untuk mendapatkan capture sunset terbaru dari beberapa pantai di Lombok. Saya akui, cukup sulit untuk menemukan sunset dari titik pantai di Pulau Lombok. Kesalahan saya adalah estimasi waktu untuk mengunjungi satu pantai ke pantai yang lain yang sangat berantakan.

20140328_180524

FYI aja nih, pantai di Pulau Lombok tersebar secara merata di seluruh pulau, tidak terpusat seperti di Pulau Bali yang wisatawan kenal daerah pantai adalah Bali Selatan. Namun di Lombok sepanjang garis pantai hampir ada pantai yang indah. Kesalahan yang lain adalah saya hanya terfokus pada pantai di daerah selatan Lombok, seperti Pantai Kuta Lombok, Pantai Mawun, dan Pantai Tanjung Aan yang merupakan pantai dengan tidak adanya sunset point yang indah.

20140328_180745

Selama 5 hari 4 malam saya di Pulau Lombok, saya hanya mendapatkan foto sunset yang lumayan bagus dari 1 pantai di daerah senggigi. Pantai ini tidak berpenghuni, harus masuk ke dalam kebun sawit dan kelapa dulu, dan tidak terlihat seperti ada pantai dari pinggir jalan raya Senggigi. Secara kualitas tempat, pantai yang tidak bernama ini juga sangat tidak terawat dan pasirnya berwarna hitam. Namun, dengan sedikit keunggulan gadget dan teknik fotografi amatiran, saya mendapatkan foto sunset yang cukup membanggakan. Akan saya tunjukan foto suasana real pantai dan foto sunset dari pantai yang sama. Setidaknya saya pulang dari Pulau Lombok tidak dengan tangan kosong ☺.

 

RakaRaka Eka Pramudito
@rakapramudito

Director of Life

+ There are no comments

Add yours