Pantai Mawun – Terselip Antara Keindahan Alam Selatan Pulau Lombok

Pantai Mawun – Terselip Antara Keindahan Alam Selatan Pulau Lombok


Mungkin ini saran bagi semua traveler di Indonesia, jangan pernah sungkan untuk dekat dan bertanya pada penduduk asli sekitar. Dengan bertanya dengan penduduk asli, kita akan tahu objek mana saja yang patut kita kunjungi. Selain itu, kita juga akan tahu jalur mana yang dapat kita tempuh untuk menuju objek yang akan kita datangi.

Hal ini yang membuat saya menemukan Pantai Mawun, pantai yang menurut saya harus dimasukkan ke dalam wishlist setiap traveler. Pantai ini sangat indah! Bahkan, jalur menuju pantai ini sudah menyuguhkan sebuah kreasi indah dari Tuhan yang akan memanjakan mata.

20140329_124049

Pantai Mawun terletak di Kabupaten Lombok Tengah, di selatan Pulau Lombok. Jarak tempuhnya sekitar 1 jam dari Bandara Lombok Praya atau sekitar 1,5 jam dari Kota Mataram menggunakan kendaraan roda dua. Pantai Mawun berada di sejajar dengan garis Pantai Kuta Lombok, jadi jika ingin ke Pantai Mawun ambil arah menuju pantai Kuta Lombok. Setibanya di Pantai Kuta Lombok, bertanyalah dengan penduduk sekitar arah menuju Pantai Mawun. Dari Pantai Kuta Lombok sekitar 30 menit menuju Pantai Mawun. Namun, 30 menit perjalanan dari Pantai Kuta Lombok menuju Pantai Mawun akan menjadi sebuah kesadaran tersendiri bahwa Indonesia merupakan sebuah negara yang sangat disayang oleh Tuhan.

Pantai Mawun bisa dibilang pantai yang berada di sebuah tanjung, maka ombak yang datang ke garis pantai tidak terlalu besar meski berada di selatan. Garis Pantai Mawun berbentuk setengah lingkaran dengan pasir putih tanpa sampah. Setibanya di Pantai Mawun, kamu hanya akan ditagih uang parkir Rp 5.000,00 untuk kendaraan roda dua dan Rp 10.000,00 untuk kendaraan roda empat. Di Pantai Mawun, kamu bisa bersantai menikmati angin, berenang, hingga menikmati kelapa muda yang dijajakan masyarakat sekitar. Suasana Pantai Mawun masih sangat asri dan tidak menunjukan sebuah pantai yang kumuh walaupun sudah ada beberapa fasilitas seperti toilet dan kamar mandi.

20140329_124651

Bonus bagi wisatawan lokal seperti saya ini adalah banyaknya wisatawan mancanegara yang masih muda dan cantik datang ke Pantai Mawun. Tujuan biasanya adalah untuk belajar surfing. Hal ini karena Pantai Mawun adalah pantai dengan ombak yang tidak terlalu besar. Bila kamu beruntung, akan ada wisatawan mancanegara yang datang ke kamu dan berkata, “You’re so lucky, Your country is very awesome!”

RakaRaka Eka Pramudito
@rakapramudito

Director of Life

 

+ There are no comments

Add yours