Ende : Sebuah Surga Milik Indonesia

Ende : Sebuah Surga Milik Indonesia


Apabila Anda mencari definisi dari surga dunia, datanglah ke Ende, Nusa Tenggara Timur. Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, di kota yang terletak di Pulau Flores ini, Anda dapat merasakan pengalaman aneka wisata. Wisata pantai, budaya, dan sejarah adalah andalannya. Berikut lima objek wisata yang wajib Anda kunjungi ketika berwisata di Ende.

1. Danau Kelimutu

Danau Kelimutu

Ingat gambar yang tertera pada uang pecahan Rp 5000 yang beredar pada tahun 90-an? Tepat sekali, danau tiga warna yang terdapat pada gambar itu adalah danau kelimutu. Danau yang terletak di Gunung Kelimutu ini terdiri dari tiga danau berbeda warna yaitu Tiwu Nuwa Muri Koo Fai, Tiwu Ata Polo, dan Tiwu Ata Mbupu. Warga setempat meyakini tiap danau memiliki arti dan kekuatan spiritual masing-masing.

 

 

2. Pantai Penggajawa

Pantai Penggajawa

Pantai Penggajawa terletak 20 KM ke arah barat kota Ende. Tidak seperti pantai pada umumnya yang berpasir putih, hal menarik dari pantai ini adalah pasir putihnya yang dihiasi oleh batu-batu kecil berwarna hijau tosca. Konon, bebatuan indah ini berasal dari dasar laut yang terseret hingga sampai ke tepian pantai. Kombinasi air pantai yang biru dan pasir putih berbatu hijau kebiruan ini adalah pemandangan yang sungguh sempurna.

 

 

3. Wisata Adat Desa Wologai

Wisata Adat Desa Wologai

Terletak di Kecamatan Detusuko atau 40 KM ke arah timur kota Ende, Desa Wologai masih menjaga utuh nilai tradisinya. Meskipun sudah membuka diri dengan dunia luar dan teknologi, desa ini tetap menjaga nilai leluhur yang mereka anut. Terbukti, tiap tahunnya mereka masih dengan teguh menjalani 25 hingga 30 upacara adat. Di Desa Wologai, Anda dapat berinteraksi langsung dengan warga lokal dan bahkan disambut oleh ketua adat setempat.

 

 

 

4. Rumah Pengasingan Bung Karno

Rumah Pengasingan Bung Karno

Beberapa dari kita mungkin mengenal kota Ende melalui buku-buku sejarah Sekolah Dasar atau Sekolah Menengah Pertama. Benar sekali, Ende adalah salah satu tempat pengasingan proklamator kita, Bung Karno. Di depan rumah sederhana tersebut, terdapat sebuah taman yang sering kali disebut-sebut sebagai tempat perenungan beliau. Konon di tempat itu, Bung Karno mendapatkan inspirasi dalam perumusan dasar negara kita: Pancasila.

 

 

 

5. Aekipa

Aekipa

Ingin merasakan pengalaman menikmati pemandangan lanskap kota dari ketinggian? Aekipa adalah pilihan terbaik di Ende. Dari tempat ini Anda dapat melihat keistimewaan kota Ende secara seluruh dan utuh. Objek wisata yang terletak di bukit Ndona adalah tempat yang ideal untuk mencuri ketenangan alam.

 

 

Wisata ke daerah timur memang terkenal mahal. Namun, untuk semua keindahan surgawi, keajaiban alam, dan pengalaman berharga yang ditawarkan, biaya yang besar itu sepadan. Bagi Anda yang ingin mencicipi sedikit dari kemewahan dan kemegahan alam yang dibalut pesona kesederhanaan warga dan budaya lokal, segera atur perjalanan Anda ke Ende.

 

Arfina Rezkiani

As known as Afina Rezkiani, 23 years old Javanese blooded. girl who stays in Jakarta. Was born with black wavy hair. She’s a happy-go-lucky kid. Sleepless dreamer. Caffeine-kisser and an atom of silliness. @afinarezkiani

 

+ There are no comments

Add yours