Kuliner Khas Palu Yang Wajib Dicoba

Kuliner Khas Palu Yang Wajib Dicoba


Apa arti menjelajah tempat baru kalo ngga nyobain kulinernya juga? Ya kan? Nah, beberapa waktu yang lalu saat saya dan teman-teman TurisLokal berlibur ke Palu, Sulawesi Tengah, kami sempat mencicipi beberapa kuliner lokal yang rasanya luar biasa…bahkan sampe bikin nagih pingin balik kesana lagi cuma supaya bisa ngerasain lagi.

Nasi Kuning Mama Jena – Jalan Pattimura

Ternyata ada nasi kuning juga di Palu, tapi lauknya beda dengan nasi kuning di Jawa. Warung Nasi Kuning Mama Jena cukup terkenal dan termasuk yang paling mahal di Palu. Lauknya ada ayam ungkep goreng, sambel goreng daging, abon, bawang goreng, dan ditambah kuah kari dengan ati ampela. Kebanyakan warung nasi kuning hanya buka sampai sekitar makan siang, tapi beberapa ada yang buka sampai larut malam.

nasikuning

Warung Nasi Kuning Mama Jena

nasikuning2

Nasi Kuning & Kuah Kari

Ikan Goreng Bayaba – masakan rumah Ibunya Aulia

Makanan yang satu ini memang spesial tapi agak susah mau rekomendasinya karena ini masakan rumah Ibu teman kami. Ikan bayaba ini matanya besar banget, memasaknya harus diasap dulu dengan bumbu, dibelah vertikal, lalu baru digoreng kering. Ikan ini hanya ada di musim tertentu, hanya 2-3x setahun, kami sangat beruntung sempat mencicipinya. Menyantap ikan goreng bayaba bersama nasi panas dengan kombinasi sambal dabu-dabu dan sambal bawang merah, ditemani tumis kangkung dan ikan ronotapa yang katanya tinggi kalsium. MANTYAAAAPS!

bayaba1_ikangoreng

Ikan Goreng Bayaba

bayaba5_ronotapa

Ikan Ronotapa

bayaba6

Menu komplit dengan sayur nangka dan daging rendang

Ayam Panggang Biromaru – Warung Singgani, Palupi

Ayam Biromaru ini adalah salah satu makanan yang disajikan di pasar tradisional di Palu saat subuh, awalnya pembelinya adalah para pedagang yang menunggu barang dagangannya sejak dini hari, dan hanya buka 2 hari seminggu karena mengikuti jadwal para pedagang ’turun gunung’. Tapi kemudian kabar tentang makanan ini pun menyebar sampai akhirnya pembelinya sekarang sudah beragam, dan banyak warung Ayam Biromaru yang ada di luar daerah pasar, salah satunya Warung Singgani, Palupi ini. Ayam yang digunakan adalah ayam kampung dan biasanya dipesan per-ekor (dipotong-potong). Dimakan dengan lontong dan lagi-lagi kuah kari. Kami makan be-6 dan menghabiskan 4 ekor ayam! Sebetulnya rasanya masih ingin tambah tapi perut sudah sangat penuh…nggak sanggup…

biromaru

Ayam Panggang Biromaru

Ikan Kerapu & Kakap Merah Bakar (RM Lestari, Donggala)

Ini adalah menu makan malam kami setelah puas snorkeling di Tanjung Karang. Letak Rumah Makannya tepat di pesisir pantai, bentuk bangunannya rumah panggung, jadi sambil makan sambil ditemani debur ombak. Ahey!

kerapu_kakap

Ikan Kerapu Bakar, sayur nangka, sambal dan lalapan

Bubur Manado (Jl. Raja Moli)

Jujur ini pertama kalinya saya makan bubur manado, jadi pas pertama kali liat bentuknya agak syok juga sih soalnya kaya ngga karuan. Hahaha. Tapi pada dasarnya saya penyuka makanan lembek apalagi bubur jadi akhirnya disikat juga :D eh ternyata enak lho rasanya, memang sayurnya banyak dan pake jagung pula, dan mungkin ngga semua orang suka kombinasi ini. Tapi yang bikin makin enak apa coba? Makannya ditemenin pake peyek ikan asin & bakwan jagung yang renyah! Oh my…neeeekmaaaat!

bubur_manado1

Bubur Manado

bubur_manado2

Peyek ikan asin & bakwan jagung

 

Jadi kangen banget balik ke Palu dan menikmati kulinernya lagi deh.. Oh iya, selain makanan ini kami juga sempat mencicipi banyak cemilan dan jajanan lokal, tunggu di post selanjutnya ya ;)

Diantara makanan diatas mana yang paling kamu suka? Atau ada makanan lain yang mau kamu rekomendasikan? Tulis di komentar ya.

+ There are no comments

Add yours